Subaru

Langsung ke: navigasi, cari

Subaru Legacy
2008 
Subaru Legacy 2.5 GT Spec B
Produsen Subaru
Perusahaan induk Fuji Heavy Industries
Juga disebut Subaru Liberty
Subaru B4
Subaru Legacy B4 (sedan)
Isuzu Aska CX
Masa dalam produksi 1989–sekarang
Perakitan Ōta, Gunma Japan
Lafayette, Indiana (untuk Amerika Utara)
Kelas Sedang
Bentuk kerangka 4 pintu "B" pillar hardtop
(1989-2009)
4 pintu sedan
5 pintu station wagon
Subaru Legacy adalah mobil kelas menengah atas berbentuk sedan dan station wagon yang diproduksi oleh Subaru dari Fuji Heavy Industries (FHI), Jepang. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1989 di Jepang, Legacy mulai dijual di pasar dunia untuk model tahun 1990. Khusus untuk pasar Australia, Legacy dijual dengan nama Subaru Liberty.
Seperti mobil Subaru lainnya, Legacy atau Liberty menggunakan mesin dengan konfigurasi Boxer dan berpenggerak Symmetrical All Wheel Drive, meskipun ada model dasar terutama pada generasi awal yang berpenggerak roda depan.
Subaru membuat Legacy untuk berkompetisi di pasar mobil sedan kelas menengah yang didominasi oleh Toyota Camry dan Honda Accord, tetapi Legacy dengan penggerak 4WD yang stabil dan aman juga tersedia dalam versi sport berkemampuan tinggi yang menyenangkan untuk dikendarai serta mewah untuk bertarung melawan mobil buatan Eropa seperti Audi A4 dan BMW Seri 3, serta mobil Jepang lainnya seperti Nissan Altima dan Mazda6.
Untuk memenuhi keinginan konsumen yang membutuhkan kendaraan SUV dengan ground clearance atau jarak antara tanah dan sasis yang tinggi, tetapi dengan pengendalian yang aman serta nyaman seperti sedan, maka dibuat Subaru Outback berbasis Legacy Station Wagon yang memiliki ground clearance tinggi dan penampilan gagah seperti SUV.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Generasi pertama (1989-1994)


Subaru Legacy 2.0 RS Turbo 4WD
Merupakan mobil yang benar-benar baru dari Subaru dan lebih besar dari Subaru Leone yang sudah diproduksi dari tahun 1970-an. Dengan frameless door window yaitu kaca pintu tanpa bingkai, Subaru Legacy memiliki penampilan yang unik dibanding mobil sekelasnya. Legacy Sedan hadir dengan Opera window pada pilar C atau pilar belakang membuatnya kelihatan elegant seperti mobil mewah. Sedangkan Legacy Wagon yang praktis mempunyai kaca samping belakang yang menutupi pilar D sehingga kelihatan menyatu dengan kaca bagasi.
Legacy menggunakan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1800 cc, 2000 cc, 2200cc, dan turbo 2000 cc. Di Jepang model dengan mesin 1800 cc tersedia dengan penggerak roda depan dan all wheel drive. Untuk kelas menengah dibuat model Vz dan Tz bermesin DOHC 2000 cc. Model sport yang paling kencang adalah RS Turbo, selain itu juga ada RS Turbo Type R yang lebih ringan dan GT yang mewah dan juga bermesin DOHC turbo 2000 cc.
Legacy adalah mobil resmi yang digunakan oleh Subaru dalam kejuaraan rally dunia / World Rally Championship (WRC) antara tahun 1990 dan 1993, sebelum digantikan oleh Subaru Impreza WRX.

[sunting] Generasi kedua (1994-1999)


1999 Subaru Legacy 2.5 GT Limited
Di Jepang, Legacy ini diluncurkan pada akhir tahun 1993, dan diberi nama Legacy Touring Sports untuk model Sedan, dan Legacy Touring Wagon untuk model Station Wagon. Mesin yang digunakan adalah 2000 cc SOHC, 2000 cc DOHC, 2200 cc, 2500 cc, dan 2000 cc DOHC turbo.
Legacy GT-B diperkenalkan di Jepang pada tahun 1996. Ini adalah model sport berkemampuan tinggi yang menggunakan suspensi sport buatan Bilstein.
Untuk pasar Amerika Serikat, Legacy tersedia dalam trim level Brighton, L, LS, dan GT Limited.
Pada generasi ini diluncurkan Legacy Station Wagon dengan ground clearance tinggi, ban besar, dan lampu kabut besar sehingga penampilannya gagah seperti SUV. Legacy ini diberi nama Legacy Outback untuk pasar international atau Legacy Grand Wagon di Jepang. Bermesin 2500 cc, Outback adalah produk yang sukses di Amerika Serikat dan Australia. Untuk model tahun 1999 khusus di Amerika, diluncurkan Legacy SUS (Sport Utility Sedan). Meskipun konsepnya sama dengan Outback, SUS berbasis Legacy Sedan.

[sunting] Generasi ketiga (1998-2003)


Subaru Legacy B4 2.0
Diperkenalkan di Jepang pada pertengahan tahun 1998, mulai masuk pasar export setahun berikutnya, dan di Amerika untuk model tahun 2000. Mesin yang digunakan adalah 2000 cc, 2000 cc turbo, 2500 cc, dan mesin baru EZ30 yang berkapasitas 3000 cc.
Untuk pasar Jepang, Legacy Sedan disebut Legacy B4 yang dari bahasa Perancis Berline artinya Sedan dan 4 pintu. Legacy RS tetap bermesin DOHC 2000 cc tetapi tidak dilengkapi turbo, sedangkan RSK menggunakan turbo.
Legacy adalah salah satu mobil yang sangat popular di Jepang untuk dimodifikasi. Selain versi produksi dalam jumlah besar juga ada variant limited edition seperti Blitzen yang dimodifikasi bekerja sama dengan Porsche, S400 model sport STi dengan twin turbo dan transmisi manual 6 speed yang hanya diproduksi sebanyak 400 unit, dan S401 yang merupakan penerus dari S400.

[sunting] Generasi keempat (2003-2009)

Diluncurkan di Jepang pada pertengahan tahun 2003, Legacy menerima penghargaan 2003-2004 Japanese Car Of The Year, dan masuk pasar international untuk model tahun 2004. Legacy ini hadir dengan body yang lebih ramping dan halus dibandingkan dengan model sebelumnya. Chassis-nya juga lebih baik sehingga memberikan pengendalian yang lebih stabil, nyaman, dan aman. Mesin yang digunakan pada dasarnya tetap sama, dan ditambah dengan mesin 2500 cc DOHC turbo, serta khusus untuk pasar Eropa mulai tahun 2008 mesin diesel 2000 cc.
Legacy ini merupakan model baru di Amerika Serikat untuk model tahun 2005. Trim level yang tersedia untuk Sedan dan Wagon adalah 2.5i, 2.5i Limited, 2.5GT, dan 2.5GT Limited. Setahun berikutnya, model GT yang standard dihentikan, dan model 2.5i Special Edition mulai dijual.
Untuk model tahun 2006, Legacy berkemampuan tinggi yaitu 2.5 GT Spec B dijual di Amerika dalam jumlah yang terbatas 500 unit. Mobil ini memiliki suspensi buatan Bilstein yang membuatnya lebih mantap. Legacy 2.5 GT Spec B diproduksi secara massal untuk dua tahun berikutnya dengan mendapat transmisi manual 6 speed yang halus dan responsif, SI-Drive atau Subaru Intelligent-Drive yang memiliki 3 mode yaitu "Sport", "Sport Sharp", dan "Intelligent", serta interior dengan jok kombinasi kulit dan alcantara.
Legacy mendapat facelift untuk tahun 2008 dengan grille, bumper depan, dan fender depan baru. Model limited edition berkemampuan tinggi STI S402 hanya dibuat sebanyak 402 unit untuk pasar Jepang. Di Amerika Legacy Station Wagon dan Outback Sedan tidak dijual lagi dan menjadikan Legacy hanya untuk Sedan dan Outback hanya Wagon. Pada tahun ini Amerika mendapat Legacy 3.0R Limited dengan mesin 6 silinder 3000 cc DOHC.
Teknologi terbaru untuk Legacy yaitu Eye Sight dimana sensor pada kaca spion untuk memonitor keadaan sekitar dan memberikan informasi kepada pengemudi.

[sunting] Generasi kelima (2009–sekarang)

Legacy terbaru tidak lagi mengadopsi frameless door window dan opera window yang dimiliki oleh empat generasi sebelumnya. Legacy ini lebih besar, dan lebih kokoh dari model sebelumnya dan interiornya lebih mewah dan lebih tenang. Mesin yang digunakan adalah EJ20 2000 cc, EJ25 2500 cc normally aspirated dan turbo, dan EZ36 3600 cc bensin, serta EE20 2000 cc diesel.
Untuk pasar domestik Jepang, Legacy B4 Sedan dan Touring Wagon ditawarkan dalam model 2.5 i dan 2.5 GT dengan pilihan L Package dan S Package untuk semua model, serta SI Cruise untuk 2.5 GT. Legacy adalah salah satu mobil yang digemari di Jepang.
Legacy bermesin 2000 cc dan 2500 cc normally aspirated menggunakan Lineartronic Continuously Variable Transmission yang halus dan dapat menghemat bahan bakar. Legacy dengan mesin turbo 2500 cc dan 6 silinder 3600 cc menggunakan
Legacy baru ini juga hadir dengan Subaru Intelligent-Drive (SI-Drive) dengan mode "Intelligent", "Sport", dan "Sport Sharp", yang memberikan tenaga mesin yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Intelligent yang dapat menghemat bahan bakar cocok digunakan di dalam kota dengan lalu lintas yang padat. Sport digunakan untik berakselerasi di jalan lurus dan luar kota. Sport Sharp dengan putaran mesin tinggi digunakan untuk menyalip dan berakselerasi responsif pada jalan yang berkelok dan banyak tikungan.
Semua model Legacy hadir dengan VDC (Vehicle Dynamics Control) yang dikontrol secara elektronik untuk memonitor gerak roda, posisi kemudi, dan gaya segala arah sehingga membuat mobil tetap stabil di segala kondisi jalan. Rem tangan diganti dengan rem elektronik yang dihubungkan dengan Hill-Holder.
Legacy untuk Amerika Serikat tersedia dalam trim level 2.5 i (Base

Comments

Popular posts from this blog

DAFTAR PERKINS ENGINE